Monday, March 2, 2020

Paket Lengkap Bentuk Loyalitas Donatur Pada Organisasi Filantropi


ABSTRACT: Baik organisasi keuntungan maupun nonlaba, keduanya membutuhkan korelasi yang baik dengan pelanggan (donatur). Relasi yang terjalin di antara donatur dan organisasi filantropi merupakan kunci untuk meraih keberhasilan dan kelanggengan organisasi. Tujuan dari artikel ini yakni untuk menggali dan menganalisis warta perihal bentuk-bentuk loyalitas pelanggan/donatur pada organisasi filantropi. Riset ini memakai metode penelitian kualitatif, dengan memakai teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam (indepth interview) pada para donatur organisasi filantropi. Sebagai pembanding (tri angulasi), maka dilakukan wawancara mendalam juga dengan pakar administrasi pemasaran serta organisasi filantropi. Hasil riset memperlihatkan bahwa donatur yang mempunyai kesepakatan relasional yang tinggi, kepercayaan yang besar pada organisasi, dan rasa terima kasih pada organisasi filantropi cenderung mempunyai sikap loyal pada organisasi filantropi di mana mereka selama ini mendonasikan uangnya. Adapun bentuk-bentuk loyalitas yang mereka lakukan antara lain yakni berupa kemauan untuk terus memperlihatkan santunan di organisasi filantropi, apabila menerima rezeki yang lebih banyak maka jumlah bantuan yang mereka berikan juga akan ditingkatkan, tidak akan beralih ke organisasi lainnya, rela/berkenan untuk memperlihatkan santunan tenaga dan fikiran mereka apabila organisasi membutuhkannya, serta tidak sungkan-sungkan untuk memperlihatkan masukan demi kebaikan dan masa depan organisasi tersebut. Dengan demikian, hasil riset ini mendukung konsep relationship marketing dan konsep loyalitas di organisasi non laba.
Keywords: kesepakatan relasional, kepercayaan, rasa terima kasih, loyalitas, relationship marketing
Penulis: Tanti Handriana
Kode Jurnal: jpmanajemendd151552

No comments:

Post a Comment